Rabu, 15 Januari 2014

TUGAS 2

Mengelolah Informasi Menjadi Pengetahuan

Mengumpulkan informasi , bagi setiap pelaku baik seorang manajer , pengusaha , maupun tenaga kerja pendidik atau terdidih ( siswa atau guru ) tentu menjadi kebutuhan yang tak bisa dihindarkan. Sadar atau tidak , mereka senangtiasa mencari data dan informasi bagi kebutuhan pengelolahan institusinya. Inilah yang sering disebut pengumpulan inteligen ( Intelegence Gathering ) , yakin proses membuat pengetahuan atau rahasia yang tersembunyi menjadi aset dalam rangka meraih tujuan organisasi. Mengelolah informasi agar menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan individu atau lembaga, ternyata bukan langkah yang mudah. Adapun cara yang harus dilakukan dalam mengolah informasi menjadi pengetahuan adalah:

A.Cari
Setiap orang yang pernah melakukan pencarian informasi di internet tahu bawah terdapat ratusan bahkan ribuan sumber informasi untuk suatu tipe informasi tertentu. Langkah ini merupakan salah satu yang paling sulit dan menciptakan pengetahuan . Darimana data anda berasal ?

B.Dapatkan
Terutama dengan motode searching yang baku , adalah penting bahwa informasi didapatkan dari sumber yang orisinil dan penyusunnya harus sumber yang bisa dipercaya. Kumpulkan, dan periksa semua informasi , jangan hanya memilah-milah saja

C.Evaluasi
Setiap bit informasi harus di evaluasi dari segi kualitas konteks dan umur ( Informasi memiliki usia manfaat sependek usia manfaat susu ) dan dalam hubungannya dengan informasi-informasi lain yang telah dikumpulkan sekali lagi pertimbangkan sumbernya.

D.Susun (Compile).
Salinlah informasi secara benar. Informasi bisa memiliki banyak corak. Ini bukan lelucon. Akurasi sangat penting. Sebagai contoh, seorang reporter sindikasi nasional menyusun informasi mengenai penyelamatan dan perwalian jaminan sosial. Dia melaporkan bahwa 2 persen kenaikan dalan withholding tax jaminan sosial sudah cukup untuk menyelamatkan dana tersebut. Hanya ada sedikit masalah karena kesalahan penyusunan dia kehilangan faktor sebesar 15. Dengan kata lain , withholding tax seharusnya dinaikan 30 persen untuk menyelamatkan dana yang dimaksud,. Kesalahan kecil telah merusak seluruh artikel.

E.Pahami.
Informasi tidak langsung memiliki arah. Informasi memiliki arti berbeda untuk setiap orang, karena mereka memiliki perspektif tersendiri, setiap orang memilki tujuan tersendiri, agenda tersendiri dan latar belakang yang berbeda-beda. Semua hal tersebut mempengaruhi pemahaman seseorang atas informasi.

F.Analisis
 Untuk menciptakan satu tingkat lebih tinggi dari hanya memahami data. Anda harus mengevaluasi informasi dalam hubungannya dengan semua faktor lain : Pengetahuan Umum , Standar Industri , Hubungan kecendrungan untuk berubah dan lain sebagainya.

G.Simpulkan
Informasi harus dikonsolidasikan. Seorang tenaga penjualan mungkin mendapatkan ratusan halaman informasi dan mesti menguranginya menjadi satu halaman kesimpulan. Apa kesimpulan yang tepat?

H.Sebarkan / Distribusikan
Informasi harus sampai ke orang-orang yang tepat. Ini merupakan masalah besar dalam perusahaan dan barangkali merupakan langkah yang paling sulit dari 10 langkah mengubah informasi menjadi pengetahuan. Isu ini bisa memakan satu buku, sebagian besar diantaranya berpusat pada hubungan antar pribadi. Informasi khususnya informasi terkustominasi bisa sangat berharga dalam organisasi. Karenanya informasi semacam ini bisa dilindungi, diperdagangkan, ditahan, disembunyikan, dihias, atau diolah dalam struktur tertentu.

I.Bertindaklah berbasis informasi.
Banyak buku telah ditulis mengenai pentingnya membuat keputusan dan banyak buku juga telah ditulis mengenai pemanfaatan informasi, data dan pengetahuan dalam keputusan-keputusan tersebut. Apa yang membuat sebuah keputusan memiliki basis yang baik?

J.Gabungkan , pelihara , perbaharui.
Informasi bersifat dinamis dan hidup. Informasi harus disimpan, dikelola , dipelihara dan diperbaharui secara terus menerus. Informasi mesti diawetkan bersama data-data dan pendapat-pendapat lain. Informasi harus disegarkan , Data-data lama harus di buang ( Kecuali analisis tren ). Baru kemudian informasi bisa menjadi pengetahuan. Informasi boleh menjadi usang tapi pengetahuan harus terus menguat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar